Fund Raising is Fun!

Jumat, 9 Mei 2008, Pencarian...

Wuih! Sudah seminggu open recruitment dari KANOPI FEUI berjalan. Hari ini diekspektasikan banyak yang bakal daftar.

Tapi apa KENYATAANNYA??

Tetep aja dikit, sodara2! Bingung juga gw napa. Bukannya uda dikasih tau kalo hari ini adalah hari terakhir buat ngumpulin form. Ini emank karena orang2 IE pada males ato gak mau. Bingung gw. Mungkin karena mereka ngiri ma senior2 mereka yang gantenk2 sehingga klo jadi angota KANOPI nanti mereka minder klo dijejerin.

Lebih gila lagi. Gak ada satu pun yang mendaftar biro dana yang gw kepalai!!! Parah! Emank dari dulu ni biro emank paling elit dah. Orang2 pada minder kalo masuk. Paling juga pas staffing nanti gw masuknya belakangan klo anak2 uda pada berdebat mengenai staff2 mereka dan mendapatkan staff yang mereka inginkan. Baru abis itu gw masuk dan mengumpulkan CV-Cv yang ditolak dan memilih orang yang bakal jadi staff gw.

Dan kemudian... Kabar terburuk adalah bahwa junior yang paling gw percayai di FEUI dan dari awal uda gw ajak memasuki biro yang gw kepalai ini, ternyata pada akhirnya tidak jadi memilih biro gw. Akhirnya dia memilih memasuki divisi hubungan luar.

Dia memang orang yang paling gw percayai. Tapi, gw gak akan memaksa dia. Biro dana adalah biro yang membutuhkan orang2 yang persistent dan bener2 berminat. Biro dana adalah biro yang paling membutuhkan konsistensi di KANOPI karena kerjaan biro dana berjalan setiap hari dan nonstop sepanjang kepengurusan. Klo anak ini emank gak tertarik dengan dana, akan sulit bagi dia untuk bisa konsisten di dana.

Hmm.. Sebetulnya gw juga gak mau klo ngambil staff dari sisa2 applicant yang ditolak. Sangat gak mau. karena sebetulnya itu pemaksaan. Buat gw, lebih baik gw close recruitment semua staff gw ato gw kerja sendirian daripada maksain posisi orang. Karena pada dasarnya mereka tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut. Di dunia mana pun mana ada orang yang semangat mengerjakan pekerjaan yang tidak disukainya.

Biro dana adalah biro/divisi yang paling stratejik dalam operasional sebuah organisasi. Jadi, memiliki orang2 terbaik yang konsisten adalah pilhan yang terbaik dalam hal ini. Dulu gw sendiri adalah orang yang masuk ke dana karena bukan pilihan pertama. Awalnya gw kurang niat. an pekerjaan gw kurang baik. Tetapi, semakin ke belakang, semakin gw menyadari betapa dana itu sebenarnya pekerjaan yang menantang dan tidak monoton, serta membutuhkan kreativitas tinggi. Itulah yang membangkitkan semangat gw untuk jadi kabiro dana.

Sekarang, gw akan mencoba mencari orang2 tersebut yang dapat membangun dana. Setidaknya orang2 yang deep inside their heart memiliki fund raising spirit. Gw juga harus mengkaderisasi dana. Demi masa depan KANOPI juga.

Smile eternally,
Wirapati

0 Comments: