Learn . Think . Create . Act

Apakah ada yang tahu maksud dari judul postingan ini? Secara harfiah semua pasti tahu. Tapi, makna khusus di dalamnya? Yah, saat ini hanya segelintir orang yang mengetahui mengenai makna khusus dari 4 kata tersebut. Dan mereka yang tahu adalah panitia 6th Economix di mana gw berada di dalamnya. Bahkan tidak semua panitia Economix mengetahui filosofi dari 4 kata yang menjadi etos kerja 6th Economix ini. Oke, gw akan menjelaskannya demi para panitia 6th Economix dan teman2 lainnya, serta para pembaca yang tersayang.

Empat kata tersebut adalah basis utama kegiatan 6th Economix. Mereka adalah gambaran dari kegiatan 6th Economix. Keempat kata itu, gw dapatkan pada saat gw mengikuti Team Building Divisi Seminar and Discussion (Semdisc). Waktu itu, gw sedang menjelaskan mengenai tema kegiatan 6th Economix yang berpusat pada "Asian Youth Empowerment" dan bagaimana rangkaian acaranya dibentuk sedemikian rupa untuk memenuhi hal tersebut. Nah, di tengah2 penjelasan yang panjang lebar, tanpa sengaja gw mengutarakan bahwa setiap acara merupakan manifestasi dari tindakan empowerment yang spesifik. Dan... Duueerrrr! Langsunglah muncul ide untuk menjadikannya tagline 6th Economix dan pada akhirnya berkembang jadi etos kerja panitia 6th Economix.

Learn - Seminar (Day 1)
Learn adalah manifestasi dari seminar. Di dalam kegiatan ini, para pemuda akan belajar dan mendapat transfer ilmu dari pada generasi tua sebagai bekal ilmu pengetahuan.
Think - Discussion (Day 2)
Think adalah manifestasi dari aktivitas Diskusi di hari kedua. Di dalam kegiatan inilah, para pemuda akan dituntut untuk berpikir dengan bekal yang telah diperoleh dari generasi tua dan melakukan diskusi dengan pemuda lainnya untuk mencapai sebuah solusi berdasarkan keputusan bersama.
Create - Student Presentation (Day 3)
Create adalah manifestasi dari kegiatan Presentasi Mahasiswa yang membahas mengenai petisi. Petisi tersebut merupakan hasil dari Petition Making berdasarkan hasil diskusi di hari kedua. Penggunaan kata create adalah bukti bahwa para pemuda dapat menciptakan pemikirannya sendiri dan memaparkannya di depan publik.
Act - Action (Day 4)
Act adalah manifestasi dari kegiatan terakhir yaitu Aksi. Selain berpikir dan berteori, para pemuda juga dapat melakukan aksi nyata dari kepeduliannya terhadap dunia ini. Hal ini menunjukkan bahwa pemuda tidak hanya bicara tapi juga bertindak.

Nah, keempat kata itu merepresentasikan 4 kegiatan utama 6th Economix. Akan tetapi, pada dasarnya, keempat kata itu adalah tahapan aktivitas manusia. Pertama kali yang akan dilakukan manusia adalah mempelajari, kemudian hasil dari pelajaran tersebut akan membuatnya berpikir dan berusaha mengembangkannya, kemudian menciptakan sesuatu yang baru dan mengimplementasikannya. Bahkan, hal tersebut akan membentuk siklus di mana setelah melakukan aksi/implementasi, manusia akan mengevaluasi dan mempelajarinya lagi, sehingga akan kembali ke tahap learn.

Yap! Itulah the LTCA Cycle yang juga menjadi etos kerja 6th Economix. Dalam 6th Economix, panitia diharapkan untuk belajar dan mengembangkan dirinya, kemudian berpikir dan menciptakan sesuatu yang luar biasa, kemudian bertindak untuk mengaktualisasikan pemikirannya dan kembali belajar lagi untuk menciptakan sesuatu yang lebih hebat lagi, melalui 6th Economix.

Learn, Think, Create and Act adalah siklus pembelajaran. Mengenai LTCA Cycle ini, akan gw bahas lebih lanjut di blog gw yang filosofi (mungkin D&D ato HM).

Yup! Itulah 4 kata yang menggambarkan 6th Economix secara keseluruhan, mulai dari konsep acara hingga etos kerja dan dasar pembuatan retorika pengobar semangat sebagai Battle Cry dari 6th Economix untuk para pemuda.

We are the Young Generation, We Learn, We Think, We Create, We Act, and through Economix, We Try to Change This World!

learn, think, create, act!
Wirapati

0 Comments: