Freaky Fun Friday!

Damn! Kurang satu lagi F-nya di judul jadi F4 dehh! Apa ditambah Fantastic ya?? Well, be prepared, this'll gonna be long!

Jumat, 3 Oktober 2008, Laskar Pelangi...

Wuaahhh.. Ini hari paling tidak mebosankan selama Lebaran selain pas Hari-H Lebarannya (Itupun dirusak oleh khotbah Shalat Ied yang super membosankan padahal biasanya seru dan humoris. Aku cinta ustad yang doeloe!!). Akhirnya impian yang sudah lama gw pendam tercapai juga! NONTON LASEGAR PELANGGAN (Susah2 digedein tapi salah nulis, maksudnya Laskar Pelangi).

Dari malem2nya uda pada gw smsin satu2 tuh para J.Co. alias Jakarta Community, yaitu sekumpulan manusia mengenaskan yang sama sekali tidak pulang kampung entah karena berhalangan (berhalangan ini bersifat universal, bukannya satu gender doank) atau memang tak punya kampung. Akhirnya terkumpullah 9 orang yang ditakdirkan untuk menonton Laskar Pelangi bersama gw, yaitu Gw, Aldi, Daphe, Nabir, Alia, Cabe ples Allan, Dias dan Atia.

Pagi2 seperti byasa gw ol di YM dan Nabir lgsg memanggil gw melakukan konfirmasi bahwa dya sudah di kos. Oke! Baguslah! Byasanya dya paling telat soalnya. Pernah gw bangunin jam 6 pagi demi kemaslahatan umat manusia, eh buset dah abis itu dya tidur lagi ampe jam stgh 8 (padahal katanya dya uda cuci muka). Pas gw ngelyat jam, uda jam 8an dan makan pagi blm ada. Bubur Ayam yang gw nantikan setiap pagi sama sekali tak berlalu. Akhirnya, terpaksa gw memasak sendiri makan pagi gw, bokap gw dan kakak gw.

Gw pun browsing di internet sambil nyari2 daerah2 oke di Jawa Barat buat planning jalan2 gw dan Aldi nanti pas liburan UAS. Eh, kagak kerasa, uda jam 10 bow, padahal gw janji jemput Nabir jam 10 di kosan (Uda gitu dya kgk ngingetin gw sama sekali lagi, misal "Roy, lo katanya mo jemput jam 10, koq masih onlen?"). Yah! Ini mah gw bukan cuma melanggar 1 janji, tapi juga janji gw ma anak2 laen (malem2 gw smsin anak2 kumpul jam 11 di pim).

Argh! Gak byasanya gw telat! Langsung mandi gosok gigi dan nyetor sebentar, ganti baju dan langsung cabut. Bru mo jalan, Daphe nelpun dya uda di pim dari setengah 10 (gila lw phe, klo kyk gini rajin! Hahaha). Argh, makin panik gw! Trus tiba2 Alia telepon pas gw bru nginjek gas, dya bilang baru nyampe di pim agak telat, yaitu jam 2 (itu bukan agak, nyet!!). Baru keluar komplek, Nabir telepon katanya mo makan dulu (untung masih jauh). Sebelum pergi, gw ngisi bensin dulu 10 liter. Mbak2 yang ngisi ngomong, "Dari nol ya pak!". Whoo bagus2, lebih profesional. Tapi, abis itu gw langsung ngomong ma mbaknya, "Mbak, klo di iklan ada minal aidin wal faidzinnya". Mbaknya ketawa dan akhirnya gw salam2an ma para petugas pertamina (Anjrit! Iklan parah!).

Di tengah2 jalan tol yang gak disangka2 rame, tiba2 Nabir nelepon gw lagi dan melaporkan seluruh toko di kutek tutup dan dia mo ke kober buat nyari sarapan. Kasihan kamu, nak.. Sebetulnya gw pengen ngomong di kober juga pasti tutup semua tapi kagak tega gw (Bukannya makin tega ya??). Pas gw nutup teleponnya, gak nyadar klo gw hampir gak keluar di tanjung barat. Untung masih sempet! Coba klo gak, kan gak lucu gw nelpon Nabir dan ngomong, "Bir, lw santai aja nyari makannya. Ampe margonda juga gak papa. Soalnya gw nyasar ke Bandung nihh."

Akhirnya sampe juga gw di kampus dan menjemput Nabir yang duduk seorang diri di halte (Akhirnya pertapaan lw berakhir ya?). Pas gw tanya uda makan apa blm, ternyata ramalan gw cukup tepat. Memang tidak ada yang buka di kober sekalipun. Akhirnya dya cuma makan otak2. Jam menunjukkan pukul 11.11 (Wuih ada yang kangen ma gw dengan huruf depan L). Langsung panik gw, bisa gak kekejar nih Shalat Jumatnya. Dengan kecepatan super kilat 140 km/jam dan RPM mencapai 4500 radian/menit (lebay!), gw terbang ke pim. Di tengah jalan, Daphe nelpon membawa kabar.

Daphe: Roy, di mane lo?
Roy: Ini gw abis jemput Nabir, lagi mau masuk tol.
Daphe: Ohh. Ada kabar buruk nihh.
Roy: Apa?
Daphe: Tiketnya abis!
Roy: Anjrit sumpah lw!
Saat itu harapan gw uda mulai sirna buat nonton Laskar Pelangi.
Daphe: Iya. Padahal 6 studio isinya Laskar Pelangi doank dan tiketnya uda tinggal yang jam 9 malem doank.
Yak! Secercah harapan muncul di kepala gw karena gw menyadari Daphe ngibul.

Akhirnya, dengan segala gaya paling oke, gw nyampe dalam waktu kurang dari setengah jam di pim. Sebelum bertemu dengan teman2 segala macam kebodohan pun terjadi. Pas nyampe lantai satu, gw dan Nabir yang lg kgk sadar tiba2 mau naik ke eskalator turun padahal niatnya mau naik. Uda gitu nyadarnya pas uda mau memijakkan kaki lagi. Uda dipenuhi rasa malu akhirnya kami pindah ke eskalator berikutnya buat naik, Dan di lantai 2 kami mengulangi kesalahan yang sama. Demi gengsi akhirnya kami yang berada di South Section sok2an pindah ke North Section demi menutup2i kebodohan kami berdua (Sok2an gak mau naik eskalator).

Langsung berkumpul di depan metro dan kemudian gw dan aldi Shalat Jumat. Waduh! Padang Mahsyar is in the house, baby!! Sumpah! Panas gila! Perjalanan panjang ke mesjid Pondok Indah seakan menghalangi iman gw dan aldi untuk shalat. Tapi, nggak! Iman kami lebih tebal dari pada atep jembatan layang. Kami pun menembus terik matahari dengan penuh ketakwaan dan akhirnya sampai di tempat tersejuk di alam semesta ini, Mesjid. Semoga penderitaan yang kami lalui ini menjadi amal ibadah bagi kami, amin.

Selesai shalat jumat, padang mahsyar menanti kami lagi. Tapi, kali ini ada tambahannya. Padang Mahsyar lengkap dengan antrian umat manusia yang mau dihisab. Wuih gila ramenya. Uda kayak pasar malem. Karena emank banyak banget yang jualan di situ. Mulai dari minuman, makanan, pakaian, pewarna sepatu, jimat cinta, ampe cula badak yang konon katanya untuk kesuksesan seks (do we eat it, or wear it?), tapi gak tau dih itu cula badak asli apa kgk, ngelyatnya dari jauh sihh. Dengan penuh perjuangan akhirnya beres juga dehh. Sampailah kami di pim.

Langsung saja kami duduk di foodcourt. Daphe, Nabir dan Cabe uda pada beres makan. Tinggal gw ma Aldi. Uda gitu, Aldi lama banget menentukan mo makan apa. Gw ampe ngomong, "Di, cowo bukan sih lw, nentuin makan aja bimbang?" padahal gak ada hubungannya sihh. Akhirnya gw dan aldi makan KFC (Huaa, lama tak berjumpa!!). Ayam renyahnya tak tergantikan dehh ni makanan. Akhirnya Alia tiba bersama Atia, Allan dan Dias (Coba klo Dias huruf depannya A, jadi A Tse deh [A4]). Mereka makan, kita pun ngobrol2. Huahaha. Uda lama gak ngobrol2 dan ketawa2 ampe mampus kyk gini.

Jam setengah 2 pun tiba. Kami cabut buat nonton. DI dalem 21, gw, aldi dan daphe langsung saja menyerbu kios popcorn dan akhirnya kami memutuskan beli 3 popcorn ukuran large (patungan bertiga) dan Nabir beli Aqua 3 biji (buat kita bertiga ya bir?). Langsung saja kita masuk ke dalam bioskop (seperti biasa gw membajak tiket nomer 7, my fave number) dan kemudian langsung duduk di tempat duduk yang tidak sesuai dengan tiket yang dipegang. Gw pun duduk di kelompok kursi pinggir dengan formasi dari paling pojok Daphe, Gw, Nabir, Aldi. Pas duduk, baru deh kita nyadar, popcorn dan aquanya yang megang kita berempat. Dengan semangat berzakat, popcorn dan aqua pun disebar.

Filmpun dimulai. Deg2an karena gak sabar pengen nonton tiba2 gw meraih popcorn yg gw pegang dan gak berhasil mengambil popcorn yg biasanya menggunung. Pas gw lyat basket popcorn yang gw pegang, ternyata uda berkurang ampe 3/4. Kaget banget kan gw! Panik jangan2 ada Invisible Hand bekerja di sini dan pas gw mo ngelapor ke Daphe, ternyata 1/4 popcorn yang ada di tangan gw uda pindah ke tangan dya. Wah bikin panik lw phe. Bilang2 dounk!

Laskar Pelangi bukunya keren banget dan ternyata filmnya gak kalah keren. Kocak parah. Gw menemukan sebagian besar diri gw dalem dirinya Mahar (ituloh, seniman eksentrik yang bawa2 radio) dan sebagiannya lagi dalem dirinya Ikal (Klo yg ini dari sisi oportunis dalam urusan cinta). Kocak banget deh ngelyat mereka semua dan semangat persahabatan yang mereka bawa. Gw gak akan nyeritain lebih lanjut takut jadi SPOILER. Ini gw kasih trailernya buat yg belom nonton.




Nha, filmnya keren banget dan kalian kagak bakal nyesel buat nonton. Tapi hal yang sangat membekas di kepala gw adalah bagaimana seorang anak jenius seperti Lintang di dalam cerita itu harus putus sekolah untuk menghidupi keluarganya karena kematian ayahnya. Padahal, dengan kemampuan seperti dia, mungkin dia bisa mengubah dunia. Sangat disayangkan. Tetapi, kita harus sadar bahwa masih banyak sekali Lintang-Lintang lain di Indonesia ini dan tugas kita untuk membimbing mereka jika suatu saat nanti kita sudah tumbuh besar. Aduh! Jadi spoiler dehh!

Abis nonton, kita semua ampe kepengaruh sama nih. Misalnya, kita jadi manggil "Boy!" kayak si Mahar kalo manggil temen2nya. Trus selain itu juga klo bilangorang aneh kita ngomong "Nak Gile dia" kayak anak2 Laskar Pelangi ngomong kalo si Mahar uda mulai bertingkah aneh2. Tapi, emank. FIlm ini bener2 membekas di hati gw banget. Keren! A Must Watch!

Nah, setelah selesai. Kita masih mau jalan2 dulu nih nungguin Daphe dan Cabe yang nunggu dijemput, sementara Alia and the gank uda pada cabut. Wah2, akhirnya kita jalan2 di Gramedia sementara Cabe ngeloyor entah ke mana (Katanya sih ke Charles and Keith). Lagi ngelyat buku2, tiba2 Daphe dipanggil pulang. Akhirnya kita pun berkumpul lagi dengan Cabe dan menemani Cabe sampe nyokapnya dateng. Kemudian, pas ditanya enaknya mau kmana. Cabe langsung mengusulkan dengan lantang, "Metro!". Hawa dingin merasuki tubuh gw. Alamak! Tempat yang paling gw hindarin klo ada cewe2 di rombongan gw.

Dengan lemas gw dan aldi masuk ke dalem neraka berAC dingin itu. Semua bayangan2 penderitaan uda berkelebat di kepala gw. Aduuhh. Kaki gw rasanya gak mau melangkah ke dalem. Baru masuk, uda kecium bau2 penderitaan. Dan baru satu menit masuk, tiba2 hapenya cabe berdering dan nyokapnya uda nyampe. Yay! Penderitaan berakhir sebelum dimulai!!

Akhirnya kita pun pulang. Setelah berpisah dengan Aldi dan Cabe, gw dan Nabir balik ke mobil gw yang sebetulnya gw agak lupa di mana. Berhasil menemukannya langsung cabut aja dehh. Pas di jalan tol, gw tawarinlah sebuah tawaran menarik buat Nabir. Gw tawarin buat gw nater ke rumah. Jah, dyanya malu2 gitu ogah2 takut ngerepotin. Gw paksa dikit, mau juga akhirnya (Hahaha! Emank mau kan? Pake malu2!).

Di jalan tol, pas uda mau keluar, Nabir ngomong lagi klo dya dianter ampe depan tol aja ntar dya naik ojek. Hoo, begitu. Dengan sedikit kata, "Yakin?" akhirnya oke juga dehh. Ah! Emank lw nungguin dipaksa! Akhir menjelajahlah gw di jalanan Kalimalang dan di dalam hati gw berkecamuk kata2:

"Buset ini di dunia mana??"

Gak satupun ada objek yang gw kenal di situ. Hal paling mengerikan di daerah ini adalah: Gak ada marka jalan!!! Buset! Serem banged dahh! Akhirnya gw melipir aja ke kiri daripada ke kanan2 dan berujung maut. Hal kedua yang mengerikan adalah:Lampu mobil yang dimodif. Parah! Tuh mobil2 lampunya kgk ada yang moderat dahh. Untung penglihatan malam gw masih sekelas burung hantu jadinya gak banyak masalah dehh.

Setelah berbelok ke Jatibening, mulailah petualangan yang sesungguhnya. Bused dah tuh jalan sempit dan berliku2 uda kayak Seskoal aja mines angkot, motor dan gerobak. Untung skill driver gw memenuhi syarat buat menjelajah tuh tempat. Nah, pas uda masuk agak dalem, baru deh Nabir ngomong:

Nabir: Itu Roy, belok ke komplek A(A=apa gitu namanya gw lupa).
Roy: Oke!
Nabir: Eh! Beloknya di sini! Kan uda gw bilang masuk ke komplek A.
Roy: Jah! Mana gw tau yg mana yg namanya komplek A!
Nabir: Iya2! Tapi kan ada tandanya!
Roy: Gak ada lampunya!

Akhirnya masuk juga deh ke komplek A....pa gitu namanya gw lupa. Untung jalannya lurus2 aja jadinya gampang diinget. Nah belok ke rumahnya Nabir ada mobil gak tau diri parkir di posisi paling krusial di mana klo seandainya gw bukan bawa Twin Cam kesayangan gw melainkan bawa Innova super gedhe itu pasti gw gak bakalan lewat. Nipis parah. Akhirnya lewat juga dan beberapa belokan gw nurunin Nabir di rumahnya. Karena uda lewat waktunya Shalat Maghrib, jadinya gak mampir numpang shalat gw (gak shalat deh gw. yaudahlah musafir). Nah inilah percakapan yang mengubah takdir perjalanan pulang gw.

Nabir: Tau jalan pulang kan?
Roy: Hmm.. Ini keluar dari gang ini belok kanan, luruuuuuuus aja terus belok kiri kan?
Nabir: Yeah. Bener.
Roy: Gampang!

Langsung gw ikuti instruksi tersebut. 2 menit kemudian, gw melongo. Koq di depan gw jalan buntu ya? Langsung mundur dan belok kiri. 1 menit kemudian gw bengong. Buntu lagi. Bepikir positif mungkin tadi gw harus belok kanan, gw mundur dan berbelok ke arah sebaliknya. 5 menit kemudian gw keringet dingin. Buntu juga. Yang ini yang paling mengesankan. Karena gak ada tempat muter, gw akhirnya mundur sejauh 2-3 menit kayak orang tolol. Keringet dingin gw mulai deras. Gw bingung. ada juga orang nyasar di komplek. Akhirnya mengorbankan harga diri gw, gw turun dan nyari orang yang bisa ditanya. Ada orang lagi jalan2 bawa anjing langsung aja gw sergap. Setelah mengetahui jalannya. Akhirnya gw dapet deh jalan benernya dan baru sadar. Damn! Nabir ngasih tahunya salah! Harusnya keluar gang belok kanan ketemu perempatan belok kanan lagi, luruuuuuuuuss baru belok kiri.

Akhirnya petualangan gw lanjutkan. Pulang adalah petualangan yang lebih menegangkan daripada perginya. Gw ngeri aja. Konon katanya, Kalimalang tuh nyambung ke mana2. Brarti, klo gw nyasar, gw bisa nyampe ke Bekasi, Tangerang, Pondok Bambu, ato mungkin Jogjakarta. Bahkan dulu gw inget Ruhum pernah gak sengaja ngelyat gapura bertuliskan "Selamat Datang di Jawa Barat" yang artinya nyasar!

Ketegangan berlanjut dan dengan hati pasrah dan menghaturkan doa makan (gw gak tau doa perjalanan soalnya, jadinya seadanya aja) gw menempuh jalanan Jatibening dan Kalimalang. Sekali lagi terlintas di pikiran gw: Ini Dunia Lain ya? Wah gila. Dengan segala keringat dingin dan jantung yang berdegup kendang, akhirnya gw melihat tanda berwarna hijau yang bertuliskan Depok, Cilandak, Pasar MInggu, Pondok Indah, BINTARO belok kanan!! Argh! Langsung tancap gas gw dan setelah berputar gw akhirnya masuk tol dengan lega. Baru aja masuk tol gw langsung kepikiran, kebalik gak ya gw masuknya. Akhirnya dengan mengumpulkan segala hawa positif gw meyakinkandiri dan perlahan2 gw mulai mengenali suasanan Tankjung Barat dan langsung bersorak gembira!!!

Di daerah Pondok Indah Nabir menelepon gw untuk ngecek keselamatan gw dan langsung gw kasih tau betapa instruksinya dya menyasarkan gw di komplek rumahnya. Malah ketawa dya, padahal gw nyaris menghabiskan semalam di labirin itu. Akhirnya kami sepakat untuk menyebut kejadian itu LABIR alias LAbirin kompleknya naBIR. Dengan penuh kelegaan akhirnya gw melenggang di tol TB Simatupang itu dan mendapati diri gw keluar di Veteran dengan selamat dan tiba di rumah dengan sentosa.

Fiuh! What a day! Maybe this'll gonna be an unforgettable day! Many things happen. Mulai dari kelucuan, kebodohan sampe keringet dingin. Freaky but it sure was fun.

What a Freaky Fun Friday!

Smile Eternally,
Wirapati...

1 Comments:

Nina Namira said...

hihi,,
geblek lo roy,,
seharian gw jalan sama lo, ga ada hal yang ga goblok,,
tapi lumayan lah yah,,
ada hasilnya juga,,
udah lama ga jalan ama anak2 skalian nonton film yang sangat dinanti2kan,,
hoho,,seru skali hari itu,,