Antara Ujian dan Harga Diri

Hari Selasa, 1 April 2008, Hari Kemerdekaan Sesaat..

Hari ini adalah hari terakhir dari Ujian Tengah Semester (UTS) bagi gw. Well, daripada disebut Pekan Ujian, yang namanya UTS atau UAS, lebih tepat disebut sebagai Pekan Begadang.

Itu benar sekali sodara2. Sebab, bagaimana pun juga gw sudah membuktikannya. Selama satu setengah minggu belakangan ini gw kurang banget tidurnya. Gw baru tidur jam 3 ato 4 sementara gw beangkat ke kampus jam 6an. Which means, gw harus bangun jam 5.

Melelahkan memang. Tapi itu kesalahan gw sendiri. Kenapa gw gak belajar dari jauh2 hari untuk mempersiapkan UTS ini? Kenapa gw bahkan seminggu sebelum UTS ini gw sama sekali gak belajar buat meringankan beban UTS gw? Kenapa gw baru belajar sehari sebelum ujian?

Gw terlalu mengentengkan Ujian. Gw menganggap bahwa metode yang gw lakukan dari SD sampe SMA, bahkan saat SPMB itu efisien. Gw memang telah melalui berbagai macam hal dengan SKS (Sistem Kebut Sukses). Dan gw selalu berhasil melalui segalanya dengan mudah hanya dengan menggunakan sistem itu. Bahkan saat gw berada di Kelas Akselerasi selama SMA. Akan tetapi, walaupun gw melalui semua itu dengan sukses, sejak dulu, gw sama sekali belum pernah memperoleh hasil yang memuaskan.

Apalagi saat gw memasuki Univertas Indonesia yang merupakan kampus putra-putri bangsa nomor 1 di Indonesia (Yang nomor 1 kampusnya ato putra-putrinya ya?). Gw tetap bangga dengan metode itu. Dan gw paham satu hal setelah melalui berbagai macam UTS/UAS itu. Hanya akan ada satu SKS di universitas. Yaitu, Sistem Kredit Semester. Yup! Anda benar! Sementara sudah ada SKS di universitas, maka tidak ada SKS lain yang bisa meng-infiltrate kehidupan perkuliahan.

Dengan kata lain. Sistem Kebut SUkses tidak dapat digunakan lagi di perkuliahan sementara Sistem Kredit Semester masih digunakan. Dengan kata lain, kita harus mempersiapkan segalanya dari jauh2 hari. Sudah saatnya gw mengalahkan kesombongan gw dan belajar dari jauh2 hari. Gw uda bukan anak kecil lagi. Dan TUHAN gak akan selalu memberikan keajaibannya buat gw.

It's time for my AWAKENING!!!

Mungkin harus tunjukkan sesuatu dalam diri gw yang baru sekali gw gunakan dan gak pernah lagi sampe skrg. Gak pernah terpikirkan oleh gw untuk menggunakannya lagi. Dulu gw menggunakannya karena gw merasa harga diri gw diabaikan oleh seseorang.

Apakah itu?

Gak lain dan gak bukan adalah Harga Diri itu sendiri!!!

Harga diri adalah sesuatu yang membangunkan gw. Membuat gw sadar atas potensi dan kelemahan gw. Dengan begitu, gw bisa mencapai apa aja. Selama gw tetap memegang teguh harga diri itu. Gw gak suka berjuang demi harga diri. Karena itu bisa membuat seseorang menjadi arogan. Dan gw benci aroganisme. Karena itulah gak pernah gw pikirin lg sejak saat itu.

Tapi kasus ini lain. Gw mau mebuat orang tua gw bangga. Karena itu, kali ini saja gw harus bisa menunjukkan kepada orang tua gw, kemampuan gw.

Gw butuh bantuan teman2 gw untuk tidak membentuk gw yg arogan. Karena itu, jika ada teman2 gw yang baca post ini. Please, bantu ggw untuk menyadarkan gw kalo gw tiba2 menjadi orang yang individualistis dan arogan hanya demi satu tujuan itu.

Thanks before!
Smile Eternally,
Wirapati..

0 Comments: