Red Card and Green Card

Jumat, 27 Juni 2008, Openness...

Hmm.. Pernahkah anda semua mendengar kata Red Card dan Green Card. Keuda benda itu adalah sarana untuk membuka diri kita untuk memberikan pujian atau kritikan kepada teman dalam sebuah training motivasi. Nah, gw telah mendapatkan keduanya dalam training motivasi Kanopi dan akan gw gunakan untuk refleksi diri.

RED CARD!! (Bukan RONCAR yaaa)

1. Susah Dikritik
Hmm.. I guess that's what people think about me. Keluarga gw juga berkata hal yang sama. Sebenernya gw seneng banget lohh dikritik. Cuma ya gitu. Gw tuh orangnya berpegang teguh ma prinsip yg gw anggap benar. Jadinya, terkadang saat orang mengkritik gw, gw akan dengan segera memproteksi prinsip gw. Sebenernya bukan gw gak mau dikritik. Klo kalian sadar, sbenernya smua kritik kalian gw tampung lohh. Bahkan, gw sedikit demi sedikit mengubah diri gw ke arah kritik kalian selama gw anggap kritik itu benar. Jadi, jangan ragu2 untuk mengkritik gw. I'm very proud to a straightforward person.

2. Keras Kepala
That's what being a coleric person are for. Keras Kepala! Gw seperti yang gw selalu memegang teguh apa yang gw percayai dan itu cenderung mengubah gw jadi orang yang keras kepala. Biasanya gw baru mau mundur saat gw merasa gw memang benar2 salah. Tapi, seperti Red Card sebelumnya, mungkin cara gw memproteksi diri salah, gw terlalu keras. Mungkin memang harus diubah dari hal ini terlebih dahulu.

3. Kekanak2an
Whew.. Gw sbtlnya gak ngerti dari sisi mana kekanak2annya. Apa suka ngambek seperti anak2 ato gak bisa serius kyk anak2. Tapi, gw asumsikan mkasud kritikus ini adalah belum dewasa. Ya! Gw melalui sebah hidup yang kurang mendorong pendewasaan diri gw. Dan itulah mengapa gw kurang memvalue school life terlalu tinggi. Masa2 mahasiswa inilah yang memberikan akselerasi bagi pendewasaan gw. Di sini gw bnyk belajar dan menjadi dewasa sedikit demi sedikit. Tapi, menurut gw, gw blm cukup dewasa untuk menjadi seorang pemimpin, itulah mengapa gw harus banyak belajar. Thanks for the critique! Guess, I have to become more mature!

4. Ribet
Err... Agak kurang ngerti dengan pendapat ini. Sebenernya gw adalah orang yang membenci keribetan juga, karena itu gw menghabiskan banyak waktu dalam hidup gw untuk memikirkan sebuah sistem paling efisien untuk seluruh sektor kehidupan gw. Tapi, mungkin sistem yang gw buat belom cukup baik. Need a lot of training! Thanks, pal!

5. Ambitious
Ini pendapat dari sahabat gw yang bisa diandalkan, Uchal. Hmm... Buat gw gak selalu ambisius itu buruk. Dalam Cambridge Dictionary, ambitious means having great desire to become succesful. Yep! Orang yang ambisius adalah orang yang memiliki keinginan kuat untuk mencapai cita2nya. Doesn't sound bad, huh? Ada sebuah kondisi di mana ambisius menjadi buruk. Yaitu, pada saat demi sebuah ambisi, seseorang rela menggunakan segala cara, walau itu harus merenggut kesempatan orang lain menggapai ambisinya atau memanfaatkan orang lain. Selama ambisius dilakukan secara fair, itu adalah hal yang baik dan sangat diperlukan utnuk seseorang agar maju. Jadi, ada 2 jenis ambisius, positif dan negatif. Ambisius yang mana maksud lw, chal? Hope it is not the negative one, cuz prinsip utama gw adalah keadilan.

That's all the red cards, and here goes! The green one!

Green Card:
1. Lucu
Wow! Lucu dari sisi mana nih? Muka? Badut dounk! Gak juga lah. Gw asumsikan maksud lucu ini adalah sering membuat orang tertawa. Tapi, ya! Memang gw senang membuat orang tertawa. Gw bahagia melihat orang bahagia. Karena itu, gw pernah bersumpah untuk membuat orang lain bahagia. That's one of my biggest ambition!

2. Berenergi Positif
Brarti gw adalah salah satu dari pahlawan suci pembela kebenaran. Hahaha. Mungkin maksudnya mirip dengan yang lucu di atas. Gw senang membuat orang di sekeliling gw tertawa sehingga menyebabkan gw seakan2 berenergi positif.

3. Cocok Jadi Pemimpin
Amin! Mudah2an gw memang bener2 cocok. Tapi, gw rasa, I'm not yet a leader. Masih banyak yang harus gw pelajari dan gw jelajahi. Bahkan seorang temen gw mengatakan gw masih anak papi. Ya, artinya gw belum cukup dewasa untuk jadi pemimpin. Tapi, gw akan memanfaatkan hidup ini sebagai ajang latihan gw. Seorang Guru Besar FEUI, Prof. Dr. Sri-Edi Swasono juga pernah mengatakan, "latih diri menjadi pemimpin!" kepada gw. Dan gw akan melakukannya!

4. Supel
Hmm.. Banyak temen gw yang ngomong kyk gini. Tapi, FYI aja, gw adalah orang yang introvert sampe gw SMA. Gw cenderung sulit bergaul dan menutup diri. Tapi, yah, gw seneng klo temen gw berpendapat demikian, minimal gw uda cukup berkembang. Gw senang berteman dan teman adalah harta paling berharga bagi diri gw.

5. Orang yang kuat
Junior gw, Sheny, yang ngasih gw Green Card ini. Cuma, kuat dalam arti apa nih, shen? Klo badan, sebagai orang berbadan besar, tenaga gw cukup lemah dan fisik gw juga tergolong payah. Gak segitunya dehh. Mental? Hmm.. Mengkin gw terlihat tegar di depan, tetaoi di dalam hati gw, gw sering merasakan kehancuran dan jarang gw tampakan ke surface. Itu karena gw merasa tidak ingin membebani orang lain dengan masalah gw dan lebih buruknya gw sering membebani diri dengan masalah orang lain. Temen gw pernah bilang itu gak baik, karena jadi gak balance. Berbagi dengan teman meringankan beban kita dan membagi beban dengan teman adalah inti dari sebuah persahabatan. Sampai saat ini, baru sekali gw tumpahkan air mata di depan sahabat gw karena... Pokoknya karena itulah. Semoga tangisan yang gw tumpahkan di depan sahabat gw itu membuat gw jadi lebih kuat.

6. Salut sama kebijakan lw!
Ini Green Card dari Banyu, senior gw. Hmm.. Kebijakan apa nih, nyu? Apakah mksdnya gw bijak? Hope so. Kritik dari temen gw bilang gw kekanak2an tapi Banyu bilang gw bijak. Gw agak bingung dengan hal ini. Tapi, gw tarik satu kesimpulan. Green Card dari Banyu adalah bukti perkembangan gw dan Red Card dari Anonymous adalah bukti gw kurang berlatih. Thanks for, you two. Hope I could get wiser and wiser.

7. Berpikiran maju ke depan dan inovatif
This comes from teman curhat gw, Aldi. Hahaha. Gw gak tau apakah benar gw berpikiran jauh ke depan ato inovatif karena gw belom pernah merasakan semua itu dalam diri gw. Tapi, mungkin baik juga klo ada yang berpikiran begitu. Berarti gw sudah cukup berkembang. Tapi, bukan berarti gw sudah cukup dengan kondisi ini. Prinsip gw adalah: Look Forward!

Itulah semua green card dan red card gw. Tapi, gw ingin menegaskan satu hal, khususnya pada titik ambisius. Gw adalah seorang anak yang dilahirkan tanpa specialty. Gw bukan tipe pemimpin, gw gak begitu pinter, gw lahir sebagai orang introvert, gw gak kaya, emotional quotient gw pas2an dan sebagainya. Hal itu memaksa gw untuk merangkak dari titik jurang terbawah dan membuat gw berusaha keras untuk mencapai mimpi gw. Beberapa dari kalian mungkin tak merasakan ini karena kalian mungkin memiliki sebuah kelebihan yang bisa dibanggakan. Gw ingin seperti kalian. Oleh karena itulah, gw harus lebih berusaha dari kalian. Gw harus mencurahkan lebih banyak keringat dari kalian. Impian itu mendorong gw untuk tidak pernah menyerah. Gw akan terus maju hingga gw gak bisa bergerak lagi. Karena gw percaya, kerja keras melebih para jenius. Bahkan Einstein pernah berkata bahwa jenius itu 1% inspirasi dan 99% prespirasi.

Gw cuma minta agar kalian tidak salah menilai gw. ambisius gw itu bukan kaena apa2. Tapi, karena gw berusaha keras untuk menjadi yang terbaik dengan modal yang terbatas sehingga menuntut kerja keras yang lebih besar dari kalian semua. Keringat dan air mata yang gw tumpahkan sampai saat ini belum cukup untuk melebihi kalian, mungkin dibutuhkan darah gw sendiri untuk mencapainya. Tapi, gw gak akan menyerah. Itulah arti ambisius bagi gw, menjadi orang yang paling akhir menyerah dan berusaha lebih banyak dari semua orang.

Thanks for the critiques! Buat yang ngebaca ini, gw harap lw smua juga memberikan Green Card dan Red Card buat gw melalui comment. Gw senang jika kalian mau menuliskannya. Thanks before!

Smile Eternally,
Wirapati...

2 Comments:

Sham said...

RC lo menurut gue:
1. emosional
bukan hanya kalo marah, tapi kalo seneng ato excited suka lebay
2. terlalu idealis
yaa.. gue juga gtu sih. makanya cenderung kesannya lu naif dan kekanak2an
3. ambegan
udah jelas, gak usah dijabarin lagi, hahhaha..

GC nyaa..
1. daya imajinasi yang tinggi
walaupun kadang lebay, tapi lo kreatif. all rounded deh. mulai dari jokes sampe konsep acara
2. fast learner
selain cepet nangkep, lo punya eager yang besar untuk belajar apapun


sisanya gue idem lah..

M.Banyu Adiputra K.U. said...

Lo emang bijak bgt kok
ampe 'ngasih' gw green card...
hahaha