Begin from the Beginning

6-8 Juni 2008, Rapat Kerja Kanopi FEUI 2008...

Ujian Akhir Semester telah berlalu. Tapi bukan berarti ini saatnya untuk bersantai dan menikmati hidup. Cuz, the real part has begun. Perjalanan ini justru baru saja akan dimulai. Dan mungkin... Tak akan berakhir, at least sampai beberapa bulan ke depan.

Selesai menghadapi UAS, masih ada satu tugas yang harus gw lakukan. Yaitu adalah melakukan rapat kerja bersama dengan seluruh anggota pengurus Kanopi FEUI 2008. Dalam rapat inilah gw dan semua orang menentukan program kerja yang akan dijalankan selama kepengurusan yang sangat singkat ini, yaitu sampai Desember.

Sebagai Biro Dana, sudah sepantasnya gw untuk menciptakan program-program yang dapat memberikan keuntungan bagi Kanopi. Akhirnya gw memutuskan untuk mengusung visi Triple-S, yaitu Stable, Strategic, and Services di mana Biro Dana akan menghasilkan dana yang stabil melalui kinerja yang stabil, dan menggunakan metode-metode yang strategis, serta meningkatkan pelayanan terhadap seluruh stakeholders Kanopi, terutama mahasiswa Ilmu Ekonomi.

Dalam proker gw pun gw tambahkan sebuah proyek baru untuk dijalankan dalam waktu 4 bulan. Proyek ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah dalam Grand Design Partnership Proposal yang akan digunakan untuk melaksanakan Strategic Partnership sebagai basis utama kegiatan dari Biro Dana. Gw mengusulkan proyek ini karena pengurus Strategic Partnership sebelumnya yaitu Shirin, mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang ingin dijual dari Kanopi kepada perusahaan-perusahaan calon partner. Saat itu gw menyadari bahwa Bargaining Position Kanopi masih sangat lemah. Oleh karena itulah, gw ciptakan proker ini yang sebenarnya sudah lama sekali gw ciptakan dan gw maksudkan untuk tujuan lain (Bukan di Kanopi).

Ternyata pada akhirnya proyek ini ditolak oleh Kanopi. Yah, gw tahu perasaan mereka semua. Pasti agak berat menambahkan proyek baru di tengah2 kondisi seperti ini sementara saat ini Kanopi dirundung kegelisahan akibat IEO dan Economix. Tapi, satu hal saja, gw mengorbankan untuk mengeluarkan ide yang gw simpan selama setengah tahun ini untuk long term goal gw adalah semata-mata demi kebaikan Kanopi. Jadi, janganlah menganggap gw picik saat gw berusaha keras untuk mempertahankan kegiatan ini di raker. Janganlah berpikir bahwa gw melakukan ini semata-mata untuk Biro Dana. Janganlah berpikir bahwa gw melakukan ini untuk diri gw sendiri. Tahukah kalian bahwa gw telah mengorbankan mimpi gw dengan mengajukan proker ini di Kanopi?

Termasuk juga pada saat gw mati-matian mempertahankan Economix. Harus gw akui memang gw adalah orang yang akan maju menjadi PO Economix, oleh karena itu kalian semua boleh berpendapat bahwa mungkin pendapat gw saat raker sangatlah subjektif. Tapi, tidak. Jangan salah. Dua tahun penuh gw berada di FEUI, gw selalu memikirkan Kanopi. Gw selalu memikirkan bagaimana cara membuat Kanopi maju. Kadang gw tidak berkonsentrasi belajar, atau menyetir hanya untuk berpikir tentang Kanopi. Bagaimana caranya membuat Kanopi maju? Sebelum gw berpikir bagaimana membuat FEUI maju.

Jadi, gw mohon, jangan berprasangka buruk pada gw. Gw mencintai Kanopi sedalam-dalamnya. Karena harus diakui bahwa Kanopi telah banyak mengajari gw semenjak pertama kali gw ikut kepanitiaannya. Kecintaan gw pada Kanopi telah membeuat gw mengorbankan keinginan gw untuk berkarir di Senat FEUI (sekarang namanya BEM) dan akhirnya memutuskan untuk tetap bersama Kanopi setidaknya untuk periode ini, yang mungkin akan menjadi periode terakhir gw di Kanopi.

Dengan ditolaknya proyek baru gw, gw dan tim gw harus memulainya kembali dari awal. Mengidentifikasi kembali apa saja yang bisa dijual Kanopi dan juga menciptakan sebuah Grand Design yang luar biasa.

At least I try to begin from the beginning, and I hope, at this beginning, I can see the beginning of a Greater Kanopi.

Smile Eternally,
Wirapati...

0 Comments: