Crossing the Rubicon

Rubicon adalah sebuah sungai dengan panjang 29 kilometer yang terletak pada daerah utara Italia. Sungai ini mengalir dari Pegunungan Apennine menuju ke Laut Adriatik melalui daerah Emilia-Romagna Selatan di antara kota Remini dan Casena. Menyeberangi Rubicon "Crossing the Rubicon" berarti melewati sebuah posisi di mana kau tidak bisa kembali lagi. Idiom ini menggambarkan tindakan Julius Caesar pada 49 SM menyeberangi sungai tersebut, yang dianggap sebagai pernyataan perang.

Setiap orang pasti pernah menyeberangi Rubicon ini. Kita sering dihadapkan pada kesempatan sekali dalam seumur hidup. Kesempatan yang tidak akan datang lagi jika kita tidak mengambilnya saat itu. Akan tetapi, terkadang kita menghadapi kendala di mana untuk mengambil kesempatan ini, kita harus mengorbankan sesuatu. Saat itulah keputusan kita akan menjadi sebuah takdir yang tak terbantahkan.

Saat kita mengambil keputusan, kita harus tahu bahwa takkan pernah menemui kesempatan untuk memperoleh hal yang kita korbankan tersebut. Kita tak boleh menyesal saat kita sudah menyeberangi Rubicon tersebut. Kita takkan bisa kembali lagi. Karena itulah, yang bisa kita lakukan adalah menghadapi jalan yang ada di depan kita dengan sebaik mungkin. Selalu ada cara untuk menyelesaikan segala masalah yang kau hadapi saat kau mengambil keputusan itu. Misalnya, betapa Sri Mulyani mungkin tidak akan menjadi wanita dengan pengaruh terbesar di Indonesia jika dia tidak meneruskan kuliah ilmu ekonomi yang sebenarnya bukan jurusan yang diinginkannya.

There is no turning back. All you have to do is to face the road in front of you with all you've got. Regretting won't bring you anywhere. You can't turn back time. So don't you ever wish to turn back time.
Never look away! Not from the nightmare, nor from the truth.

Smile eternally,
Wirapati...

0 Comments: