Sebuah Forum dan Budaya Berkomunikasi

Apakah di antara kalian ada yang belum pernah mengenal komunitas yang bernama KASKUS? Aku rasa sedikit sekali dari kalian yang asing dengan forum yang sangat ternama ini. Website yang beralamat http://www.kaskus.com/ ini pertama kali mengudara di World Wide Web semenjak 6 November 2000. Hingga saat ini, Kaskus dianggap menjadi website komunitas nomor satu di Indonesia.


Mengapa komunitas ini menjadi sangat digemari? Alasan utamanya adalah kemampuan KASKUS untuk mengakomodir hampir semua kebutuhan, keinginan dan minat dari para surfer internet. Komunitas ini menyediakan forum yang membahas segala macam hal, mulai dari topik-topik politik yang paling serius hingga topik-topik fun yang sangat ringan untuk dibaca. Komunitas ini juga menyediakan Forum Jual Beli (FJB) yang memungkinkan pengguna internet untuk berjual beli mulai dari barang yang bernilai puluhan ribu hingga tanah yang berharga ratusan juta. Dengan kemampuannya untuk mengakomodir hampir semua kepentingan ini, jelas KASKUS menjadi komunitas nomor satu di Indonesia yang paling diminati.

Aku bukanlah seorang KASKUSer sejati. Aku hanya terkadang membuka KASKUS untuk melihat-lihat, tapi aku tidak pernah menjadi anggota KASKUS dan secara langsung terlibat dalam forumnya. Tapi, sebagai pengguna internet, aku tetap merasakan pengaruh yang diberikan KASKUS kepada para pengguna internet.

Hal utama yang dipengaruhi oleh KASKUS adalah budaya berkomunikasi para pengguna internet. Bahasa-bahasa yang digunakan para KASKUSer dalam forumnya memang sangat unik. Penggunaan sebutan "gan" yang merupakan singkatan dari "Juragan" digunakan untuk menyebut KASKUSer lainnya. Selain itu, para KASKUSer akan menyerukan kata "Pertamax" jika mereka adalah pihak yang pertama kali me-reply sebuah thread. Dan masih banyak istilah lain yang digunakan para KASKUSer dalam forum tersebut.

Lantas seperti apa pengaruhnya?

Jika kalian sering menggunakan website-website di mana user lain dapat memberikan reply terhadap sebuah thread, kalian pasti sering menemukan beberapa user lain menggunakan bahasa yang serupa dengan para KASKUSer. Pada website seperti Facebook di mana para user dapat memberikan komentar terhadap hampir semua aktivitas user, penggunaan bahasa ini kerap kali ditemui dalam beberapa komentar, terutama pada aplikasi notes. Hal ini dapat juga dapat ditemui pada website-website yang menyediakan streaming lagu seperti 4shared. Bahasa KASKUS telah merambah sampai ke website-website lainnya.

Lebih hebatnya lagi, KASKUS tidak hanya mempengaruhi budaya berkomunikasi orang-orang di dunia maya saja, tetapi juga pada dunia nyata. Para KASKUSer di dunia nyata juga membawa kebiasaannya dalam berbicara di dalam percakapan. Bahkan, budaya ini tertular kepada orang-orang lain yang aslinya bukan KASKUSer. Aku juga salah satu korbannya. Walaupun aku bukan KASKUSer, aku terkadang menggunakan bahasa-bahasa KASKUS. Jadi, dampak dari budaya penggunaan bahasa ini tidak tertutup pada KASKUSer saja, tapi juga merambah ke semua pihak yang mungkin perbah berhubungan atau berkomunikasi dengan para KASKUSer.

Betapa besarnya pengaruh sebuah website di era globalisasi ini. KASKUS hanyalah satu dari beberapa contoh aplikasi dunia maya yang bisa mempengaruhi hidup seseorang. Jika Google mampu mengubah pola pikir masyarakat dunia dalam mencari sebuah data, KASKUS juga dapat mengubah kebiasaan seseorang dalam berbicara. Internet telah mengubah hidup manusia di dunia ini. Ada baiknya untuk kita dapat memilih mana pengaruh yang baik bagi kita dan mana pengaruh yang tidak baik bagi kita (dalam hal ini KASKUS tidak memberikan pengaruh yang buruk, tetapi pantas untuk dijadikan contoh betapa internet mampu mempengaruhi hidup seseorang).

Jangan biarkan globalisasi mengubah pola pikir kita dan membuat kita meninggalkan nilai-nilai sosial dan budaya yang sebenarnya. Jangan biarkan globalisasi mengubah kita, tapi buatlah globalisasi bekerja untuk kita. Dengan demikian, kita dapat mengembangkan diri tanpa meninggalkan budaya kita.

Smile Eternally,
Wirapati..

1 Comments:

rensus said...

Gw kaskuser lhooo... Pertamax ni gan!!!