How I Like A Job Like This!!!

Memang ini adalah keputusan yang menurut orang lain bodoh, atau percuma. Aku adalah lulusan Ilmu Ekonomi FEUI, dan teman-temanku yang lulus bersamaku sudah berkerja semua di bank-bank swasta terkenal seperti Mandiri dan Standard Chartered sebagai Management Trainee (MT). Sedangkan aku? Aku memilih untuk mengambil magang di Bank Indonesia. Sebuah aktivitas yang sangat melelahkan tanpa bayaran, hanya dapat uang saku yang cukup untuk pulang-pergi dan makan siang. Orang akan berpikir mengapa aku yang bisa mendaftar pekerjaan yang mungkin sama well-paid nya dengan teman-temanku, malah memilih magang yang sedikitpun tidak menambah tebal dompetku.

Ini adalah keputusanku. Aku telah berpikir masak-masak bahwa aku tidak cocok untuk bekerja di bank-bank swasta, perusahaan swasta atau menjadi MT di perusahaan maupun bank mana pun. Aku merasa bahwa aku belajar Ilmu Ekonomi bukan untuk bekerja demi menambah keuntungan sebuah perusahaan. Aku berpikir bahwa aku ingin mendedikasikan Ilmu Ekonomi untuk negara ini. Bayangkan bahwa dari 100 orang lulusan Ilmu Ekonomi FEUI, tidak sampai 20% yang menjadi akademisi dan peneliti. Padahal Ilmu Ekonomi adalah ilmu untuk penelitian dan masyarakat. Tetapi, memang minat setiap orang berbeda dan aku tidak sedikitpun membenarkan keputusan orang yang menjadi peneliti atau menyalahkan yang tidak menjadi peneliti. Hanya saja, aku ingin menjadi peneliti, karena itulah aku mengambil magang di Bank Indonesia yang tidak membutuhkan syarat-syarat pengalaman bekerja sebagai peneliti seperti lembaga-lembaga lainnya.

Hari pertama aku magang di BI, aku benar-benar merasakan senang bekerja di dalamnya. Bukan hanya para peneliti dan direksinya yang menyenangkan dan bersahabat, tetapi juga jenis pekerjaan yang dilakukan selama sehari aku magang. Aku harus menenggelamkan diriku kepada tumpukan jurnal untuk mendapatkan satu kesimpulan hipotesis dasar, menelusuri data-data perbankan untuk menentukan variabel-variabel dalam penelitian, dan menyusun sebuah kerangka dasar pemikiran dalam bentuk proposal untuk diajukan sebagai penelitian. Benar-benar hal yang sangat aku sukai. Aku menjadi sangat bersemangat untuk melakukan penelitian.

Bagiku ada dua hal yang membuat penelitian menjadi menyenangkan. Pertama, kita berusaha untuk menguak hal-hal baru yang mungkin tidak kita ketahui. Berbeda dengan bekerja di bank atau perusahaan swasta yang memiliki rutinitas yang begitu-begitu saja, penelitian memberikan tantangan bagi kita untuk terus mengembangkan diri dan dinamis terhadap kondisi sekitar. Research is full of wonders. Kita tidak tahu outcomes yang akan keluar dari penelitian kita yang selalu membakar rasa ingin tahu. Kita harus terus berusaha mencari tahu hal-hal yang baru karena ilmu pengetahuan selalu berkembang, dan kita menjadi bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan itu.

Kedua, hasil penelitian tersebut bukan hanya bermanfaat bagi kita sendiri, atau institusi di mana kita berada, tetapi juga kepada masyarakat luas yang mendapatkan value added dari penelitian tersebut, baik secara material maupun immaterial. Pada saat hal tersebu terjadi, perasaan puas karena ilmu yang kita dalami sampai saat ini bermanfaat bagi masyarakat akan muncul. Betapa menyenangkannya karena selama bertahun-tahun kita belajar, kita bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Magangku selama sehari ini membuatku semakin ingin menjadi peneliti. Timeline pekerjaanku selama seminggu ke depan sudah diberikan, seperti melakukan simulasi terhadap variabel-variabel dan menyusun model estimasi. Setidaknya selama seminggu ke depan aku masih bersemangat dengan pekerjaan ini.

I'm wondering what will I do in the next three months? Well, I hope I can keep up my spirits until the end!

Regards,
Wirapati

1 Comments:

Unknown said...

Bagaimana caranya untuk magang di BI ?